Pages

Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Perangkat Keras Komputer (Hardware)

Teknologi yang diciptakan manusia berkembang dengan sangat pesat beberapa tahun terakhir. Terutama pada bidang hardware(perangkat keras) dan software(perangkat lunak) komputer.


Perangkat Keras Komputer atau Hardware

Perangkat keras komputer atau Hardware adalah semua komponen pada komputer yang berbentuk fisik dan digunakan oleh sistem komputer untuk menjalankan perintah sesuai yang telah diprogramkan di dalamnya. Hardware sangat berbeda dengan software. Jika hardware mempunyai bentuk yang nyata dan dapat dilihat dan diraba oleh bagian tubuh kita. Tetapi software hanya bisa dilihat tampilannya saja yang muncul di layar komputer.

Macam-macam Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya
Macam-macam hardware juga sangat banyak dan beragam. Dan tidak hanya yang berada pada komponen penyusun komputer saja. Tetapi perangkat yang berada di luar yang juga mendukung kinerja komputer juga termasuk bagian hardware komputer.
Nah, berikut adalah bagian selengkapnya tentang perangkat keras komputer.. Diantaranya :

1. Monitor

pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya 

Monitor adalah salah satu perangkat keras komputer yang berguna untuk menampilkan hasil pengolahan CPU atau alat output data grafis dari CPU. Biasanya dikenal sebagai layar untuk menampilkan data komputer.
Monitor sendiri sangat penting kegunaannya dan tidak dapat dipisahkan saat pemakaian suatu komputer. Untuk jenisnya sendiri, monitor terbagi menjadi 4 jenis. Yaitu monitor CRT, Plasma display, monitor LCD, dan monitor LED.

 2.Keyboard
pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya 
Keyboard adalah perangkat keras komputer yang mempunyai banyak tombol yaitu tombol huruf dan tombol angka. Dan berfungsi untuk menginput data kedalam komputer. Keyboard mempunyai banyak jenisnya seperti keyboard QWERTY, keyboard DEVORAK, keyboard Alphabetik, dan masih banyak lagi yang lainnya.
 
3.Mouse
pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya 
Mouse adalah perangkat keras komputer yang gunanya sebagai kemudi, atau lebih tepatnya mengatur kursor pada tampilan monitor dan melakukan perintah-perintah praktis pada aplikasi komputer. Mouse juga mempunyai banyak jenis. Jenis jenis mouse diantaranya adalah mouse serial, mouse Wifi, Mouse PS2, dan mouse USB.

4.CPU atau Processor
pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya 
CPU (Central Processing Unit) adalah perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk memproses data, baik itu menerima dan atau melaksanakan perintah data yang berasal dari perangkat lunak komputer.
CPU sendiri mempunyai banyak jenis sesuai vendor yang membuatnya. Misal diantaranya adalah Intel Processor, AMD Processor, AMR Processor, Cyrix Processor, Apple Processor, dan masih banyak lagi jenis jenis processor di dunia yang mendukung kinerja komputer.
5. Motheboard
pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya 
Motherboard adalah perangkat keras yang berupa papan sirkuit yang fungsinya adalah menjadi tempat komponen perangkat keras komputer lain seperti processor, RAM, Hardisk, dan lainnya. Motherboard bentuknya berupa papan yang berbentuk PCB yang mempunyai chip BIOS dimana jalur-jalur koneksinya berfungsi untuk menghubungkan berbagai perangkat keras yang terpasang.

6. RAM
pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya 
RAM singkatan dari Random Access Memory adalah perangkat keras komputer yang fungsinya untuk menyimpan data atau intruksi yang biasanya dilakukan oleh processor. Penyimpanan yang ada pada RAM ini bersifat sementara. Karena pada saat komputer mati, intruksi atau data yang tersimpan pada RAM dikosongkan atau hilang. Kecuali komputer sedang dalam kondisi hibernate. Jenis-jenis RAM sendiri juga sangat banyak, seperti SRAM, DRAM, EDORAM, RD RAM, FPM RAM, DDR RAM, dan banyak lagi yang lainnya.

7. Hardisk
pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya 
Hardisk atau biasa ditulis HDD adalah perangkat keras komputer yang fungsinya untuk menyimpan semua data pada komputer. Dan biasanya pada satu buah hard disk terdapat lebih dari satu piringan yang gunanya bisa untuk memperbesar kapasitas data yang bisa ditampung. Jenis-jenis hardisk juga tak kalah banyak. Ada Hardisk Seria (ATA dan SATA), Hardisk PATA, Hardisk Raid, dan lain-lain.

8. Heatsink
pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya 
Heatsink atau biasa kita kenal dengan nama PC Cooler adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengurangi suhu panas yang muncul akibat aktivitas komputer. Panas yang dihasilkan saat komputer hidup dapat merusak komponen lainnya sehingga keberadaan heatsink ini bisa dikatakan sangat penting sekali.

9. SSD
pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya 
SSD atau Solid State Drive adalah perangkat keras komputer yang baru-baru ini muncul ke permukaan. SSD ini merupakan hardware yang gunanya tidak jauh berbeda dari Hardisk. Yaitu menyimpan data-data pada komputer kita. Tetapi ada beberapa perbedaan yang cukup jauh daripadanya diantaranya adalah mode penyimpanannya. SSD menggunakan chip-chip memori flash yang satu sama lain saling terhubung. Chip tersebut juga mempunyai kecepatan dan juga reliabilitas yang sangat tinggi daripada USB. Hal ini menyebabkan SSD lebih nyaman digunakan untuk aktivitas computing yang membutuhkan kecepatan prima. Karena hal tersebut pula harga SSD menjadi jauh lebih mahal daripada harga HDD.

10. VGA Card
pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya 
Video Graphic Adapater atau biasa disebut VGA adalah perangkat keras komputer yang berguna untuk mengola grafis data yang tampil pada monitor. VGA juga ada yang versi yang lain yang lebih kuat dalam pengolahan grafiknya. Biasanya disebut dengan GPU dan biasa dipakai oleh para gamer atau designer.

11. Optical Drive 
Related image 
Optical Drive adalah salah satu perangkat keras komputer yang gunanya adalah untuk membaca dan juga menulis data dari kepingan CD ataupun DVD. Jenis-jenis dari Optical Drive sendiri ada beberapa seperti CD-ROM drive, CD-RW drive, DVD-ROM drive, dan lain-lain.

12. Power Suply
Image result for power supply computer 
Power Supply adalah perangkat keras komputer yang gunanya adalah untuk menyuplai daya yang dibutuhkan oleh setiap perangkat komputer seperti processor, motherboard, Hardisk, VGA, dan lain-lain. Power Supply juga biasa diumpamakan sebagai jantung komputer karena tanpa power supply, komputer tidak akan bisa hidup.

13. Sound Card
Related image
Sound Card adalah salah satu perangkat keras komputer yang gunanya untuk mengo data yang berupa audio atau suara. Sound Card merupakan salah satu perangkat pendukung berbasis Multimedia sehingga keberadaannya sangat dibutuhkan terutama pagi para pengguna yang menyukai fitur Multimedia.

14. Lan Card
Related image
LAN Card, biasa disebut dengan NIC (Network Interface Card) merupakan Ethernet Card. Kartu jaringan yang biasa digunakan sebagai alat yang menghubungkan antara satu komputer ke komputer lainnya di sebuah jaringan LAN komputer atau untuk menghubungkan komputer kita ke internet.

15. Speaker
Image result for pc speaker 
Speaker adalah salah satu perangkat keras komputer yang gunanya juga untuk mendukung aktivitas kita di depan komputer yang berhubungan dengan aktivitas Multimedia kita. Biasanya tak lepas juga dari Sound Card. Kegunaannya adalah untuk mengeluarkan hasil proses komputer dalam bentuk suara.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

2 komentar: